Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENGENAL FINANCE DAN ACCOUNTING

22 March 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Evelyn Sharlica, S.Ak.
MENGENAL FINANCE DAN ACCOUNTING

Dunia bisnis saat ini tidak lepas atau bisa dikatakan erat kaitannya dengan fungsi finance dan accounting. Pertanyaannya, apakah semua perusahaan mempunyai divisi finance dan accounting sendiri? Jawabannya tidak semua perusahan, tergantung dari sistem manajemennya sudah menganut manajemen modern atau tidak, dan rata-rata perusahaan kecil belum mengenal tentang finance dan accounting. Akuntansi berhubungan sekali dengan yang namanya keuangan. Sehingga banyak orang keliru menilai dua profesi ini dengan berpendapat bahwa finance dan accounting adalah sama mungkin dengan alasan bahwa dua profesi tersebut berada dalam divisi yang sama serta dari lulusan yang sama, yaitu dalam bidang akuntansi. Di sisi lain ada juga yang berpendapat bahwa tidak sama namun dengan penjelasan yang kurang rinci dimana letak perbedaanya. Sebenarnya, accounting dan finance adalah hal yang berbeda dan perbedaannya cukup siginifikan. Secara garis besarnya finance fokus terhadap pencarian dana, pengelolaan serta pengalokasian pembayarannya namun jika accounting adalah mencatat dan mengelompokkan tranksaksi keuangannya.

Berikut penjelasannya detil mengenai perbedaan kedua profesi tersebut :

    1. Pengertian

    · Finance à merupakan manajermen efisien dan produktif terhadap aset dan kewajiban berdasarkan informasi yang ada

    · Accounting à merupakan pencatatan dari tranksaksi yang terjadi

    2. Tujuannya

    · Finance à pengambilan keputusan yang berakitan dengan isu-isu modal kerja seperti tingkat persediaan, mengelola keuangan (baik tunai maupun secara kredit), strategi keuangan (budgeting) serta mengendalikan arus kas dan mengelola dengan baik

    · Accounting à mengukur, persiapan analisis, serta menyajikan laporan keuangan/ menyediakan informasi laporan keuangan

    3. Alat pendukung kinerja

    · Finance à laporan kinerja, analisa rasio dan risiko, penentuan BEP/break even point, serta pengendalian investasi

    · Accounting à neraca, laporan laba rugi, buku besar, serta laporan arus kas

    4. Bentuk pengakuan

    · Finance à mengakui pendapatan saat penerimaan aktual tunai sebagai arus kas, dan biaya diakui ketika biaya dibayarkan sebenarnya

    · Accounting à mengakui pendapatan saat penjualan terjadi dan beban diakui saat terjadinya daripada ketika dibayarkan

Setelah memahami perbedaan tersebut, dijelaskan kembali bahwa finance terbagi dalam sub divisi seperti admin finance atau bagian manajerialnya, finance dan kasir, finance berfokus mulai dari pencarian uang mulai dari hal terkecil sampai dengan hal terbesar yang berhubungan dengan keuangan, sementara untuk accounting tugas pokokknya adalah mencatat serta melakukan pengelompokan untuk tranksaksi yang terjadi. Pada umumnya juga, accounting dikatakan sebagai pencatat saja atau mungkin pernah dengar istilah bookkeper namun untuk saat ini yang bisa dikatakan dunia bisnis sudah memasuki dunia modern accounting tidak hanya mencatat namun seorang accounting juga diharapkan mampu untuk menganalisa informasi yang diterima. Accounting sendiri mempunyai standar yang baku dalam mengatur berbagai aktivitas termasuk dalam pencatatan transkasi keuangan. Standar akuntansi yang berlaku di indonesia adalah PSAK yang memang dirancang oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dimana di dalam PSAK tersebut terdapat banyak pakar akuntansi.

Kembali lagi pada perbedaan keduanya, ditingkat global semua accounting memakai standar keuangan global yaitu IAS/ International Accounting Stardard dengan teknik pelaporannya menggunakan IASB/ International Accounting Standard Board yang basisnya ada di london. Pekerjaan seorang accounting pada umumnya bisa dikatakan lebih berat dan lebih kompleks maka standar gaji yang diterapkan juga berbeda. Kesulitan pekerjaan pada accounting lebih berat namun beban yang dipikul di keuangan juga besar, untuk itu terdapat perbedaan gaji antara finance dan accounting.

Sebaiknya kita tidak hanya belajar mengenai perbedaanya saja, tetapi ternyata finance dan accounting pun mempunyai persamaan yaitu seperti yang disebutkan sebelumnya accounting dan finance berada dalam satu departemen yang sama, dan lulusan atau alumni dari bidang akuntansi rata-rata terjun ke dunia accounting dan finance (finance memiliki lulusan dari bidang akuntansi yang cukup banyak juga). Kemudian persamaan berikutnya adalah meskipun accounting tidak bersinggungan langsung dengan keuangan tetapi finance yang langsung bersinggungan dengan keuangan, nyatanya kedua profesi tersebut sama-sama mengurus keuangan perusahaan agar tetap stabil dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan oleh pihak manajemen.

Dan jika ditarik kesimpulannya, maka finance adalah prinsipnya pegang uang perusahaan dan punya otorisasi terhadap pengeluaran perusahaan baik berupa kas ataupun bank seorang finance juga harus bisa mengatur kebutuhan uang kas perusahaan, sedangkan accounting tugas utamanya adalah periksa, catat, dan melaporkan.

Untuk membantu perusahaan, perusahaan juga dapat bekerja sama dengan pihak profesional yang dapat membantu pembuatan sistem kerja yang jelas terkait dengan finance dan accounting, dan dengan bekerja sama dengan pihak profesional tentu saja pemilik perusahaan akan terbantu dan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

   For Further Information, Please Contact Us!