Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

PENTINGNYA PENGENDALIAN INTERNAL DI KANTOR

16 November 2017
Category: INTERNAL AUDIT
Penulis:         Meriatul Qibtiyah, S.E.
PENTINGNYA PENGENDALIAN INTERNAL DI KANTOR

Pengendalian internal memiliki makna yang begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari atau aktivitas kita didalam organisasi atau kantor. Pengendalian bisa kita maknai sebagai sebuah inspeksi, pemantauan, pemeriksaan, pengamatan, pengawasan, pengecekan atau bisa kita maknai sebagai supervisi. Jadi pengertian dari pengendalian internal itu sendiri yaitu suatu proses yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan teknologi informasi yang dirancang untuk membantu manajamen dalam mencapai tujuan. Tetapi seiring berjalannya waktu, pengendalian internal dipandang sebagai sesuatu yang melekat dan tidak dapat dipisahkan dengan sistem, dan bentuk dari pengendalian internal ini berupa hard control dan soft control, yang mana unsur soft control ini merupakan bagian yang sangat penting, contohnya integritas dan nilai etika.

Pengendalian internal diciptakan oleh perusahaan karena ada sesuatu yang perlu untuk dikendalikan. Kenapa sesuatu itu perlu dikendalikan? Karena ada hal yang tak pasti yang menyebabkan kita tidak yakin sesuatu akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Pengendalian internal dirancang dan dijalankan untuk meyakinkan agar apa yang diharapkan terjadi akan benar-benar terjadi, demikian juga pengendalian internal diperlukan untuk meyakinkan agar apa yang diharapkan sesuatu itu tidak terjadi akan benar-benar tidak terjadi. Jika sesuatu hal sudah pasti sesuai harapan dari manajemen maka pada dasarnya tidak perlu pengendalian lagi.

Semua organisasi pastinya memiliki risiko yang berbeda-beda, dalam kondisi apapun yang namanya risiko pasti ada dalam aktivitas kita sehari-hari, baik aktivitas yang berkaitan dengan bisnis maupun non bisnis. Oleh karena itu perusahaan yang akan semakin berkembang membutuhkan pengendalian internal yang dalam menata perusahaan agar memiliki suatu pengawasan yang efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi yang diinginkan bisa tercapai.

Kenapa pengendalian internal penting di kantor?

    1.Perubahan lingkungan organisasi

    Berbagai perubahan lingkungan organisasi terjadi terus-menerus dan tidak dapat dihindari. Faktor-faktor penyebab ada yang berasal dari luar maupun dalam organisasi. Perubahan-perubahan dalam lingkungan organisasi ini dapat berwujud perkembangan teknologi, perubahan kondisi ekononi, perubahan sikap karyawan. Perubahan lingkungan organisasi merupakan suatu keadaan dimana perusahaan melakukan upaya-upaya agar dapat mengembangkan perusahaan ataupun upaya untuk mencegah perusahaan supaya tidak mengalami kegagalan.

    2.Peningkatan kompleksitas organisasi

    Semakin luas lingkup dan ukuran suatu perusahaan mengakibatkan di dalam hal manajemen tidak dapat melakukan pengendalian secara langsung atau secara pribadi terhadap jalannya operasi perusahaan. Peningkatan kompleksitas organisasi ini dimaksudkan jika perusahaan atau organisasi, maka organisasi tersebut akan semakin memerlukan pengawasan yang lebih formal dan hati-hati.

    3.Kesalahan-kesalahan

    Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, oleh karena itu dibutuhkan control untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Kesalahan bisa dilakukan oleh semua orang, baik itu ditingkatan staf maupun ditingkat manajer. Bila para staf yang ada tidak melakukan kesalahan, maka manajer dapat secara sederhana melakukan fungsi pengawasannya.

    4.Kebutuhan manajer untuk mendelegasikan wewenang

    Manajer membutuhkan seseorang yang dipercaya untuk mendelegasikan tugasnya saat manajer sedang melakukan tugas ke luar kota. Bila manajer tersebut mendelegasikan wewenang kepada bawahannya tanggungjawab atasan itu sendiri tidak berkurang. Satu-satunya cara manajer dapat menentukan apakah bawahan telah melakukan tugasnya adalah dengan mengimplementasikan sistem pengawasan.

Perusahaan yang sukses dapat dipastikan pengendalian internal diperusahaan tersebut sudah termasuk efektif karena tujuan yang diharapkan oleh perusahaan tercapai. Meskipun kita tahu pengendalian internal memiliki keterbatasan yang melekat. Jika dikembalikan ke akar permasalahan, keterbatasan itu sebagian besar terjadi karena faktor manusia. Peran manusia sangatlah besar oleh karena itu kita harus bisa menjaga manusia tersebut sehingga manajemen bisa mencegah kegagalan dalam pengendalian internal.

   For Further Information, Please Contact Us!