Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Rekrutmen Efektif Untuk Perusahaan Yang Sedang Berkembang

27 February 2015
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Lovika Romnuriani, S. Psi.
Rekrutmen Efektif Untuk Perusahaan Yang Sedang Berkembang

Merekrut adalah pekerjaan yang paling penting bagi pengusaha yang akan mengembangkan perusahaannya. Terlebih bagi perusahaan yang sedang berkembang, keberadaan karyawan memiliki dampak yang besar dan berpengaruh terhadap budaya perusahaan dibandingkan dengan perusahaan yang mempunyai karyawan ratusan atau ribuan orang. Dengan begitu Anda perlu memastikan bahwa karyawan baru Anda memiliki passion, terlibat penuh dan berkomitmen tinggi.

Berikut ini beberapa saran yang bisa Anda coba untuk mendapatkan karyawan baru yang tepat:

1. Perjelas Peranan dan Tugas

Dalam penyelenggaraan rekrutmen pegawai baru, ada baiknya perusahaan memberikanpenjelasan mengenai tugas dan tanggung jawabnya, bagaimana peran mereka sangat berpengaruh terhadap tujuan perusahaan secara keseluruhan, serta sampaikan informasi penting seperti gaji, benefits, dan kemampuan yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu para pelamar potensial untuk mengetahui bahwa posisi tersebut penting adanya bagi perusahaan Anda dan mereka akan memberikan kontribusi yang berharga.

Berikan juga pandangan bahwa di perusahaan yang sedang berkembang memiliki kecenderungan stres yang lebih besar namun perkembangan karir juga akan berjalan lebih cepat. Perusahaan haruslah terbuka, jujur mengenai tantangan yang akan dihadapi perusahaan dan tekankan kembali peran mereka sejelas-jelasnya sebelum mereka menandatangani kontrak kerja.

2. Memancinglah di Kolam Ikan

Mencari tahu di mana kandidat terbaik Anda sering berkumpul, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kandidat yang potensial. Saat ini untuk melakukan rekrutmen pegawai bisa didapatkan di dalam dunia maya maupun dunia nyata. Perusahaan haruslah mencari cara yang kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan rekrutmen seleksi.

3. Tunjukkan Budaya Perusahaan Anda & Pentingnya Nilai bagi Perusahaan

Perlu diingat bahwa keterampilan dapat diajarkan, namun sikap, kepribadian dan passion sudah melekat pada diri setiap kandidat. Lebih baik untuk membawa seseorang yang sedikit kurang berbakat namun cocok dengan budaya perusahaan dibandingkan merekrut orang yang berbakat tapi tidak cocok dengan perusahaan. Individu dengan integritas tinggi yang akan membuat rekan satu tim menjadi terbaik. Untuk tipe perusahaan yang sedang berkembang, kepercayaan dan rasa hormat merupakan suatu keharusan.

4. Selalu Lakukan Rekrutmen Secara Berkala

Memiliki database nama-nama orang yang pernah ditemui sangat perlu untuk perusahaan, dimana nantinya mungkin saja bisa bekerja di perusahaan anda suatu hari nanti. Mungkin mereka tidak cocok dengan pekerjaan yang mereka lamar, tapi Anda tidak akan pernah tahu jika ada posisi lain yang cocok untuk mereka dan mungkin suatu saat orang itu akan melamar kembali atau akan mengenalkan kita kepada orang lain yang lebih cocok dengan posisi yang tersedia di tempat kita.

5. Uji Mereka Dulu

Perekrutan memerlukan biaya yang mahal, namun mencari penggantinya lebih mahal lagi. Artinya Anda jangan sampai salah pilih, untuk itu uji saja dulu mereka. Anda bisa memberikan mereka kontrak pendek atau masa freelance selama beberapa minggu sebelum mereka resmi bergabung dengan Anda. Menguji mereka merupakan cara yang efektif untuk menemukan kandidat yang pas bagi perusahaan yang sedang Anda rintis.

6. Ingat untuk Onboard (Masa Perkenalan)

Rekrutmen tidak berhenti setelah mereka menandatangani kontrak. “On boarding” merupakan aspek yang paling penting untuk memastikan anggota tim baru mengetahui budaya perusahaan. Tim HR harus memastikan kelancaran proses transisi karyawan baru di tempat kerjanya. Karena nantinya karyawan ini akan bekerja bersama tim untuk memajukan perusahaan Anda.

   For Further Information, Please Contact Us!