Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Eksistensi Sekretaris Di Era Modern Saat Ini

28 September 2015
Category: SECRETARY
Penulis:         Meyta Astronica Kalalo
Eksistensi Sekretaris Di Era Modern Saat Ini

Pada era modern saat ini, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kebutuhan masyarakat modern akan teknologi terbaru semakin tinggi, terlebih dengan banyaknya produk komputer dan gadget yang semakin beragam untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan secara tidak langsung kita dituntut untuk bisa mengoperasikannya. Contoh yang dulunya kita masih menggunakan surat menyurat untuk sekedar menginformasikan hal yang sederhana tapi di era modern ini kita bisa menggantinya dengan cara mengemail dan itu lebih efektif, karena pesan tersebut bisa diterima dengan cepat. Di dalam suatu perusahaan terdapat profesi-profesi yang menunjang ataupun membantu para pimpinan dalam meraih apa yang menjadi visi dan misi dari perusahaan, salah satu profesi yang langsung berhubungan dengan peran pimpinan adalah profesi sekretaris.

Sebelumnya, kita mengenal profesi sekretaris hanya melaksanakan tugas-tugas administratif terbatas seperti mengetik, menata arsip dan resepsionis. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi ini, disaat tugas pimpinan semakin kompleks, berangsur meningkat pulalah tuntutan kemampuan kerja bagi seorang sekretaris. Sekretaris yang kini sudah diakui sebagai profesi, diharapkan mampu sebagai asisten administratif manajer atau pimpinannya. Selanjutnya, keberadaan sekretaris tidak terbatas menangani kesekretariatan, melainkan memungkinkan berperan sebagai pemimpin dalam kelompoknya, bahkan memimpin unit kerja sekretariat.

Saat ini, pandangan terhadap profesi seorang sekretaris mengalami kemajuan yang sangat pesat. Profesi ini menjanjikan peluang yang besar bagi kemajuan prestasi dan kemampuan seseorang yang menekuninya.

Seorang sekretaris yang berorientasi global harus menampilkan citra perusahaan karena citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Dikarenakan sekretaris adalah tangan kanan atasannya, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Selain itu seorang sekretaris harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada atasannya saja tapi juga harus baik kepada relasi dan rekan sekantor.

Dalam mengembangkan karirnya, seorang sekretaris harus memiliki dedikasi yang tinggi. Mereka harus memiliki kesadaran bahwa tanggung jawabnya lebih besar justru saat pimpinan sedang tidak ada di tempat. Karena ia harus menghandle semua tugas dari atasannya. Dedikasinya sangat penting sehingga tugas apapun yang dilimpahkan bisa dikerjakan dengan baik.

Sekretaris yang baik dituntut mampu berpikir kritis dan bertindak secara profesional. Profesional di sini maksudnya adalah bekerja dengan sungguh-sungguh sebagaimana yang dituntut dalamjob descriptionnya. Seorang sekretaris mampu berpikir kritis jika mereka memiliki pengetahuan yang luas, baik dalam bidang kesekretariatan maupun dalam bidang lain yang masih berkaitan dengan profesinya maupun pengetahuan umum lainnya.

Sejauhmana tugas sekretaris secara formal tergantung pada job/wewenang yang diberikan oleh pimpinannya. Dalam pelaksanaannya, pekerjaan tersebut akan berkembang dan banyak hal yang saling berkaitan. Seorang sekretaris harus bisa menjalankan tugas dengan berbagai keterampilan. Misalnya tugas seorang sekretaris dalam membuat surat, tentang cara membuat surat yang baik, bahasa yang baik dan benar seperti apa, sekretaris juga harus memiliki pengetahuan serta mampu mengoperasikan komputer dengan benar.

Pada zaman era globalisasi, sekretaris harus mengembangkan diri mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Seorang sekretaris yang profesional harus bisa mengikuti perkembangan zaman sehingga mampu mengatasi perubahan dan dapat bekerja semaksimal mungkin untuk menghadapi dunia kerja seorang sekretaris dengan daya saing yang semakin maju.

Seorang sekretaris juga harus berwawasan yang luas seperti mengetahui bidang usaha dimana kita bekerja, mengetahui produk dari perusahaan, mengetahui rekanan bisnis pemimpin dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Jika seorang sekretaris sudah menguasai hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dia sudah pantas untuk menjadi seorang sekretaris yang professional di era modern saat ini.

   For Further Information, Please Contact Us!