Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MANAJEMEN STRATEGI : SUATU KEBUTUHAN UNTUK PERUSAHAAN YANG INGIN GOING – CONCERN

11 April 2020
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
MANAJEMEN STRATEGI : SUATU KEBUTUHAN UNTUK PERUSAHAAN YANG INGIN GOING – CONCERN

Di tahun 2020 ini, berbagai macam krisis yang melanda dunia akhir-akhir ini pun menjadikan para pemimpin perusahaan harus proaktif, melakukan antisipasi perubahan, dan melakukan penyempurnaan terus menerus, bahkan bila perlu membuat perubahan pada perusahaannya secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat survive di dunia persaingan sekarang ini. Para pemimpin dan manajemen perusahaan mulai memikirkan dan melakukan cara untuk menghadapi ketatnya persaingan bisnis ini. Oleh karena itu sangat dibutuhkan manajemen strategis.

Manajemen Strategi merupakan serangkaian penentuan tujuan dan sasaran jangka panjang perusahaan, dengan menerapkan aksi dan alokasi sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya manajemen strategi, perusahaan menjadi lebih fokus dan mempunyai tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan dalam perusahaan pun bervariasi, tidak hanya memikirkan strategi jangka pendek, melainkan mengelola strategi jangka panjang agar terciptanya kinerja yang berkesinambungan dalam perusahaan.

Strategi yang terbaik bukanlah strategi yang dihasilkan dari dukungan analisis data yang paling lengkap. Strategi yang terbaik adalah strategi yang dihasilkan dengan analisis eksternal dan internal yang tepat, dan yang utama adalah mendapat dukungan dan dorongan sepenuhnya dari manajemen dan karyawan di seluruh lini dalam implementasinya. Dalam penyusunan sebuah strategi diperlukan analisis yang tepat dan didukung semua pihak dari perusahaan kemudian dilakukan implementasi strategi, supervisi strategi, dan evaluasi dari strategi tersebut.

Hal – Hal yang perlu diperhatikan dalam proses Manajemen Strategi terdiri dari 5 tahap, yaitu:

1. Penentuan visi dan misi organisasi

Adanya kebijakan pemerintah, kontrol masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan negara maupun bisnis.. Banyaknya persaingan industri yang ketat di Indonesia saat ini mengharuskan perusahaan memiliki nilai tambah (value added) dan daya saing yang akan membuat konsumen selalu memilih dan mempercayai tersebut. Perusahaan harus tanggap terhadap perubahan demand dan life style yang sering terjadi dalam masyarakat, sehingga dapat memenuhi permintaan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategis. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pengambilan keputusan yang diselaraskan antara kapabilitas yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar. Perlu adanya manajemen strategi yang berawal dari visi dan misi perusahaan yang sesuai untuk mencapai tujuan.

Setiap organisasi harus mempunyai visi dan misi. Visi dan misi akan menentukan sasaran yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi dan misi maka strategi perusahaan akan kurang maksimal serta mudah berubah dan dikendalikan oleh situasi eksternal. Berakar dari visi dan misi perusahaan maka manajemen perlu menetapkan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek adalah penting untuk implementasi strategi, sedangkan tujuan jangka panjang adalah penting dalam formulasi strategi.

2. Pemahaman atas lingkungan internal dan eksternal

Perusahaan perlu memahami lingkungan internal dan eksternal dalam menyusun strategi bisnis. Lingkungan terdiri dari lingkungan eksternal yaitu berada di luar perusahaan meliputi bidang-bidang ekonomi, sosial, budaya, demografi, lingkungan politik, pemerintahan, teknologi, dan perkembangan yang kompetitif sedangkan lingkungan internal berada di dalam perusahaan meliputi tenaga kerja, manajemen, dll. Tujuan analisis lingkungan adalah untuk dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen akan dapat melakukan reaksi dan aksi secara tepat terhadap setiap perubahan. Selain itu, manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isu kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap perusahaan.

Perlu diketahui, keberhasilan maupun kegagalan strategi bisnis perusahaan tidak pernah lepas dari faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal. Hal ini dikarenakan faktor-faktor yang ada didalamnya selain bisa mendorong kemajuan bisnis juga bisa menghambat aktivitas dan perkembangan bisnis. Setiap perubahan dalam lingkungan bisnis akan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada kegiatan bisnis, baik dampak positif maupun negatif

Sebagai contoh dampak negatif atas pengaruh lingkungan eksternal adalah ketika pemerintah mulai membatasi kuota impor gula. Hal ini akan mempengaruhi harga jual produk dan produsen food & beverages akan terkena dampaknya. Harga jual yang tinggi tentu saja akan menyebabkan penurunan penjualan dan produk kurang kompetitif serta berdampak buruk terhadap kondisi bisnis usaha tersebut. Disisi lain, perubahan lingkungan juga membawa dampak positif, sebagai contoh kemajuan teknologi di bidang komputer dan IT yang membuat kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih maju dan efisien.

3. Perencanaan strategi

Perencanaan strategi melibatkan penetapan serangkaian tindakan yang tepat guna mencapai sasaran perusahaan. Perencanaan strategi mengandung keputusan bisnis baru apa yang akan masuk, bisnis apa yang gagal, bagaimana pengaruh gaya hidup konsumen terhadap demand suatu produk, bagaimana mengalokasikan sumber daya secara efisien, bagaimana mengekpansi perusahaan atau diversifikasi, bagaimana masuk dalam pasar internasional, bagaimana merger untuk membentuk joint-venture dan bagaimana menghindari ancaman dan hambatan yang muncul.

4. Penerapan strategi

Di dalam menerapkan strategi, perusahaan diharapkan menetapkan atau merumuskan tujuan dan sasaran perusahaan tahunan (annual objective of the business), membentuk kebijakan, memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang telah direncanakan dengan matang dapat dilaksanakan.

Dalam menerapkan strategi ke dalam suatu perusahaan maka berarti menggerakan para karyawan dan manajer untuk menempatkan strategi yang telah diformulasikan menjadi tindakan nyata. Implementasi strategi memerlukan kinerja dan disiplin yang tinggi tetapi juga diimbangi dengan imbalan yang memadai.

Tantangan implementasi adalah memberdayakan para manajer dan karyawan melalui organisasi agar mau bekerja dengan penuh kebanggaan dan antusias ke arah pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

5. Evaluasi strategi

Evaluasi dan supervisi strategi merupakan tahap terakhir di dalam proses strategi, yang mencakup 3 hal, yaitu:

    oMelakukan review faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang sedang berlangsung.

    oMengukur kinerja yang telah dilakukan.

    oMengambil berbagai tindakan perbaikan.

Evaluasi dan Supervisi strategi sangat diperlukan bagi perusahaan sebab keberhasilan perusahaan saat ini tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang. Maka dari itu, evaluasi ini harus dilakukan secara periodik.

Pentingnya manajemen strategi agar perusahaan dapat going concern. Semua manajemen strategi yang diterapkan tersebut didukung oleh manajemen sumber daya manusia yang berbasis perencanaan dan pengembangan organisasi, pedoman jalur karir, administrasi, personalia yang akurat, manajemen kinerja serta pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi.

Manajemen strategi menekankan organisasi untuk lebih proaktif dalam menentukan masa depannya. Organisasi perlu mengambil inisiatif dan melakukan aktivitas yang bisa mengendalikan keadaan perusahaan. Kunci sukses manajemen strategi adalah komunikasi melalui saluran komunikasi, sehingga manajer dan pegawai mempunyai tekad untuk mendukung sasaran organisasi.

   For Further Information, Please Contact Us!