Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

10 TREN TEKNOLOGI YANG HADIR DITAHUN 2020, KECERDASAN BUATAN DAN 5G BERKEMBANG PESAT

04 April 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Jockie Utomo .P, S.Kom
10 TREN TEKNOLOGI YANG HADIR DITAHUN 2020, KECERDASAN BUATAN DAN 5G BERKEMBANG PESAT

Dahulu ditahun 2019 Ericsson melakukan evaluasi terhadap pemikiran dan prediksi konsumen tentang teknologi masa depan, seperti kecerdasan buatan, virtual reality, 5G, hingga sistem otomasi. Berdasarkan laporan ini, teknologi otonom dan yang dapat memprediksi suasana hati pengguna dapat segera memainkan peran lebih besar dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Dan kini memasuki tahun 2020 Lembaga riset global Alibaba DAMO Academy telah merilis laporan terkait prediksi 10 tren perkembangan teknologi pada 2020. Tren perkembangan teknologi tersebut ditandai dengan adanya terobosan terbaru seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), komputasi awan atau cloud, blockchain, data intelligence dan 5G.


Adapun tren perkembangan teknologi tersebut, yakni :

pertama, teknologi AI akan dapat lebih berkembang dari sebelumnya hanya kecerdasan perseptual menjadi kecerdasan kognitif. Sejauh ini AI telah melampaui batas manusia di bidang kecerdasan perseptual seperti munculnya teknologi yang dapat mengubah suara menjadi tulisan, kemampuan memeroses bahasa alami atau natural language processing (NLP), pemahaman video, dan sebagainya. Pada tahun 2020, AI akan berkembang menjadi bidang kecerdasan kognitif yang membutuhkan pengetahuan eksternal, penalaran logis, atau migrasi domain.

Kedua, perkembangan teknologi in-memory-computing komputasi AI. Sebelumnya, dalam arsitektur Von Neumann, memori dan prosesor AI terpisah, komputasinya pun membutuhkan data untuk terus bergerak. Kini memori dan prosesor akan menyatu bersama dan komputasi dilakukan di mana data disimpan dengan gerakan data minimal.

Ketiga, penggunaan internet of things atau IoT pada sektor industri akan semakin pesat. Dengan begitu, perusahaan manufaktur juga dapat merasakan teknologi seperti otomatisasi mesin, logistik di pabrik, dan penjadwalan produksi, sebagai cara untuk merealisasikan model bisnis manufaktur pintar atau consumer to business smart manufacturing.

Keempat, mulai terjadinya kolaborasi skala besar antar mesin. Pengembangan teknologi penginderaan kolaboratif dari IoT dan teknologi komunikasi 5G akan dapat membuat kolaborasi di antara banyak produsen mesin menjadi kenyataan. Mereka akan bekerja sama dan bersaing satu sama lain untuk menyelesaikan targetnya.

Kelima, tren desain modular dalam membantu proses kerja chip lebih mudah dan lebih cepat. Metode desain modular berdasarkan chiplets atau pembuat chip menggunakan metode pengemasan canggih dan memiliki fungsi berbeda secara bersamaan.

Keenam, penggunaan aplikasi blockchain pada tingkat produksi dalam skala besar dan diadopsi secara masal. Di masa depan, sejumlah skenario sudah dipersiapkan untuk aplikasi blockchain inovatif dengan kolaborasi hingga multi dimensi. Hal ini menyebabkan di berbagai industri dan ekosistem akan muncul penggunaan aplikasi blockchain skala besar.

Ketujuh, bidang komputasi kuantum akan menerima peningkatan investasi yang disertai dengan peningkatan kompetisi. Hal ini akan mendorong percepatan dalam industrialisasi dan pembentukan ekosistem secara bertahap.

Kedelapan, material baru akan merevolusi perangkat semikonduktor. Material baru akan membuat logika baru, penyimpanan, dan perangkat interkoneksi melalui mekanisme fisik baru, sehingga mendorong inovasi berkelanjutan di industri semikonduktor.

Kesembilan, tren pengembangan teknologi AI yang juga dapat melindungi privasi data. Biaya compliance yang diwajibkan oleh undang-undang dan peraturan terbaru tentang perlindungan data terkait transfer data semakin tinggi dari sebelumnya. Akibatnya, terjadi peningkatan minat dalam menggunakan teknologi AI untuk melindungi privasi data.

Kesepuluh, cloud menjadi pusat inovasi teknologi TI. Cloud terus berinovasi dengan teknologi baru, seperti komputasi tanpa server, arsitektur perangkat lunak cloud, desain perangkat lunak terintegrasi, serta operasi otomatis cerdas.

Dalam laporannya itu, Alibaba DAMO Academy juga mendorong agar perusahaan bisa mengembangkan inovasi di berbagai sektor industry.

   For Further Information, Please Contact Us!