Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

SOLUSI DARI MASALAH PEMBUKUAN PERUSAHAAN

17 November 2018
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Stephanie Margareth, S.E.
SOLUSI DARI MASALAH PEMBUKUAN PERUSAHAAN

Untuk menjalankanperusahaan Anda secara maksimal, Anda harus melakukan pembukuan atas transaksi keuangan yang terjadi di perusahan Anda. Adapun selain untuk mencatat transaksi keuangan, melakukan pembukuan akan membawa beberapa manfaat bagi perusahan diantaranya sebagai berikut:

1.Mengetahui nilai keuntungan dan kerugian perusahaan

2.Mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan secara real time

3.Mengevaluasi performa dari manajemen perusahaan

Mengingat beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan dengan melakukan pembukuan, maka pembukuan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses bisnis perusahaan.Namun demikian, ada kalanya dalam proses pembukuan, Anda akan menjumpai permasalahan yang dapat membuat penyajian laporan keuangan perusahaan menjadi salah atau tidak akurat. Berikut adalah lima cara yang dapat Anda tempuh sebagai solusi atas permasalahan tersebut:

1.Mengetahui letak kesalahan terlebih dahulu

Untuk memperbaiki sesuatu dengan sempurna, Anda harus mengetahui dengan pasti letak kesalahannya terlebih dahulu. Sama seperti saat pemperbaiki pembukuan perusahaan Anda juga demikian. Anda perlu mengetahui letak kesalahan pada pembukuan perusahaan Anda agar upaya perbaikan yang akan Anda lakukan dapat berjalan dengan sempurna. Jika mengetahui letak kesalahan pembukuan, Anda akan lebih mudah menemukan penyebab sekaligus penyelesaiannya.

Letak kesalahan pada pembukuan perusahaan bisa beragam jenis. Beberapa contoh kasus seperti: terdapat kesalahan pada bagian pajak, ketidakcocokan pada entry data, atau terkait dengan rekonsiliasi yang tidak konsisten. Temukan kesalahan tersebut dan ketahui dengan pasti bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tips kecil yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pembukuan yang bermasalah, Anda dapat menyusun sebuah daftar atau catatan yang berisi kesalahan dalam pembukuan. Selesaikanlah dengan perlahan namun tetap berhati-hati setiap kesalahan yang ada pada daftar tersebut. Ini bisa membuat Anda lebih fokus dalam memperbaiki pembukuan perusahaan Anda.

2.Cek rekonsiliasi bank

Seperti telah disebutkan dalam poin sebelumnya, kesalahan pada pembukuan dapat disebabkan oleh rekonsiliasi bank yang tidak konsisten. Apabila sebuah laporan keuangan melalui proses rekonsiliasi yang konsisten, maka Anda dapat mengetahui dengan pasti penyebab terjadinya perbedaan pada catatan perusahaan dengan laporan bank. Di samping itu, rekonsiliasi bank juga membantu Anda mengetahui jumlah saldo rekening giro yang sesungguhnya pada waktu tertentu.

Beberapa perusahaan akan melakukan rekonsiliasi bank setiap akhir bulan atau justru melakukan proses ini hanya pada saat mereka membutuhkan. Supaya pembukuan perusahaan Anda tidak bermasalah di masa mendatang, ada baiknya melakukan rekonsiliasi bank sebagai rutinitas harian untuk memastikan kebenaran transaksi keuangan perusahaan Anda.

Dengan melakukan proses rekonsiliasi secara teratur dan konsisten, Anda dapat mengetahui arus kas (cash flow) secara terperinci, serta melakukan efisiensi waktu. Alasannya, hal ini dapat membantu Anda untuk tidak menumpuk laporan keuangan perusahaan di periode mendatang.

3.Memanfaatkan teknologi

Era modern kini teknologi terus berkembang dengan pesat. Begitu juga dengan teknologi pembukuan. Saat ini telah banyak software pembukuan yang dapat meringankan pekerjaan Anda, baik itu yang berbayar maupuntidak. Untuk itu, saat menghadapi permasalahan dalam melakukan pembukuan perusahaan, ada baiknya untuk memanfaatkan teknologi yang telah ada.

Salah satu jenis software yang dapat Anda coba adalah software pembukuan yang berbasis cloud. Perangkat lunak dengan sistem cloud mampu menyediakan informasi secara real-time sehingga akan memudahkan Anda untuk menyimpan, memperbarui, melacak, dan mengakses data kapan saja dan dimanapun Anda berada.

4.Berkonsultasi dengan ahlinya

Pada satu titik saat melakukan perbaikan atas pembukuan yang bermasalah, Anda bisa saja menemukan hal rancu maupun kesulitan yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri. Anda dapat berdiskusi dengan senior atau rekan kerja lain agar dapat menyelesaikan permasalahan yang Anda jumpai. Bagaimanapun berpikir dengan lebih banyak orang akan lebih baik. Orang-orang di dalam perusahaan Anda tentu mengerti apa yang sedang terjadi pada perusahaan sehingga mereka dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dalam menghadapi permasalahan yang timbul dalam pembukuan.

Oleh karena itu, supaya proses memperbaiki pembukuan perusahaan dapat berjalan dengan lancar, Anda juga dapat berkonsultasi pada orang yang Anda anggap lebih ahli pada bidang pembukuan. Seperti menggunakan jasa konsultasi supervisi atau outsourced accounting di perusahaan kami.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat pembukuan perusahaan secara baik dan tepat. Untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan masalah akuntansi, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan yakni supervisi Laporan Keuangan dari divisi strategic management accounting yang dapat membantu perusahaan Anda untuk membuat Laporan Keuangan yang tepat dan akurat sesuai dengan ketentuan akuntansi yang berlaku. Semoga bermanfaat!

   For Further Information, Please Contact Us!