Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

SINCERE SMILE LEADS YOU TO GREATNESS

02 May 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng Cahyani, A.Md.
SINCERE SMILE LEADS YOU TO GREATNESS

Dunia akan terlihat lebih cerah dan indah bila Anda tersenyum. Senyum memang hal yang terkesan sederhana namun banyak orang sering lupa bahkan berat untuk melakukannya. Padahal tersenyum dengan tulus dapat memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri dan orang di sekitar Anda. Apa saja kenikmatan yang dapat kita rasakan ketika kita dapat membagi senyum kepada orang lain? Mari kita bahas bersama.

Pertama, yang bisa Anda rasakan ketika Anda tersenyum adalah rasa lega dan munculnya rasa bahagia. Mengapa demikian? Ya, karena ketika kita tersenyum hormon endorphin dalam tubuh akan dikeluarkan, dan hormon inilah yang bekerja dalam tubuh kita untuk memberikan rasa tenang dan bahagia. Tersenyum adalah cara terbaik untuk menghadapi masalah, menghancurkan ketakutan dan menyembunyikan rasa sakit. Ketika kita merasa cemas maupun stress melanda, cobalah untuk tersenyum maka Anda akan merasa jauh lebih baik dengan sendirinya. Tentunya jika kita merasa selalu bahagia dan dapat mengatasi rasa cemas dan stress, akan meminimalkan risiko terhadap penyakit justru dikarenakan stress dan cemas yang berkepanjangan.

Kedua, senyum adalah salah satu Bahasa universal dari kebaikan. Tersenyum bisa membuat orang lain betah berkomunikasi dengan Anda, karena orang pasti lebih nyaman berkomunikasi dengan orang yang murah senyum daripada yang terlihat selalu muram dan cemberut. Bagaimanapun senyum adalah salah satu bentuk first impression yang Anda tampilkan, yang menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang hangat. Awali hari-hari anda dengan tersenyum kepada orang-orang disekitar Anda, baik di rumah, di lingkungan kerja, maupun di tempat lain Anda bersosialisasi. Tersenyum hangat yang dilakukan secara tulus ini akan membangun aura positif di lingkungan pekerjaan Anda, selain orang merasa nyaman di dekat Anda, juga akan memudahkan transfer knowledge apabila Anda tergolong sebagai staf baru, begitu pula halnya jika Anda sudah tergolong karyawan lama, senyum tulus Anda terhadap karyawan baru akan menciptakan hubungan harmonis yang memecah jarak.

Ketiga, yang bisa didapatkan dari tersenyum secara tulus adalah melatih otak. Otak secara alami dirancang untuk memiliki sistem pertahanan dengan selalu berpikir dalam konotasi negatif. Nah, kebiasaan tersenyum dapat membantu otak berpikir lebih positif, karena kita merasakan rasa tenang dari dikeluarkannya hormon endorphin tadi, apalagi tersenyum sudah menjadi kebiasaan dari hidup Anda. Dengan pikiran positif maka manusia akan terdorong menjadi lebih kreatif, dan berpikir secara komprehensif, tentunya ini akan membantu Anda dalam bekerja di era modern ini yang menuntut akan kreativitas dari karyawannya.

Dalam kehidupan modern sekarang ini, pasti banyak tuntutan dan tekanan yang dialami, otomatis kita akan mudah merasa stress, dan disisi lain stress adalah sumber penyakit sehingga sering disebut dengan “silent killer”. Nah, pada manfaat pertama disebutkan bahwa tersenyum dapat mengeluarkan hormon endorphin dalam tubuh yang menyebabkan rasa bahagia dan tenang, dengan begitu tubuh merespon dengan mengurangi tekanan pada level sel dan tekanan darah. Apabila tekanan pada level sel dan darah berkurang, maka imun tubuh kita akan menguat, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit, serta penyakit berat seperti hypertensi dan kanker bisa dihindari karena penyakit ini juga disebabkan salah satunya oleh kekakuan sel dan tekanan darah tinggi.

Maka, mulai sekarang biasakan tersenyum secara tulus dan hangat di awal setiap kegiatan yang dilakukan, dan rasakan perubahan baik pada diri Anda. Pikiran positif niscaya apa yang akan Anda lakukan akan berhasil, serta membuat lingkungan sekitar Anda mau membukakan pintu-pintu kesempatan yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Sudahkan Anda tersenyum hari ini?

“Smile in the mirror. Do that ever morning and you’ll start to see big difference in your life” – Yoko Ono.

   For Further Information, Please Contact Us!