Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

STRATEGI MENGATUR BUDGET DALAM PENYALURAN HOBI

11 April 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Nova Wuisan
STRATEGI MENGATUR BUDGET DALAM PENYALURAN HOBI

Padatnya rutinitas pekerjaan setiap hari, terkadang menimbulkan kejenuhan. Ketika tingkat kejenuhan telah mencapai puncak, maka bagi sebagian orang akan mengalihkan kejenuhan tersebut dengan melakukan hal yang lebih menyenangkan yaitu menyalurkan sebuah hobi. Pada dasarnya setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Hobi sendiri adalah kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang, yang tujuannya memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan. Berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulkan sesuatu (koleksi), membuat kerajinan tangan, memperbaiki barang-barang yang sudah rusak dan bermain.

Memiliki hobi dengan melakukan banyak hal menyenangkan, membuat kita menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup. Rasa bahagia ini akan membuat lebih semangat dan menimbulkan energi yang positif dalam diri. Itulah mengapa penting bagi kita untuk memiliki waktu khusus dalam menikmati hobi. Menikmati hobi tentu hal yang sah-sah saja untuk dilakukan selama mampu dan bisa melakukannya dengan baik tanpa mengganggu kesehatan diri sendiri. Ada beberapa hobi membutuhkan kekuatan fisik yang tangguh seperti olah raga atau mendaki gunung. Namun, bagaimana jika memiliki hobi yang mahal dan bisa menguras kantong cukup dalam?

Tidak ada larangan untuk memiliki hobi mahal, dimana hobi tersebut membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Bisa jadi seperti rutin bepergian ke Bali atau Nias, hanya untuk sekadar mengejar ombak dan menghabiskan waktu bermain selancar di sana. Atau bahkan Anda memiliki jadwal khusus untuk bepergian ke pulau-pulau terpencil di bagian Timur Indonesia dan melakukan diving di pinggirannya yang indah untuk menikmati keindahan dunia bawah laut yang menakjubkan. Semua ini merupakan hobi yang menyenangkan dan tentunya cukup mahal dan bisa membuat saldo tabungan berkurang dengan cepat. Untuk itu diperlukan strategi khusus untuk mengatur budget keuangan.

Ada 5 strategi untuk mengatur budget keuangan untuk hobi dan pengeluaran lainnya. Pertama, anggaran untuk hobi jangan mengganggu anggaran rutin. Perencanaan keuangan pada umumnya menyarankan penghasilan setiap bulan langsung dibagi untuk memenuhi kebutuhan dasar kehidupan sehari-hari, proteksi atau asuransi, investasi dan dana darurat. Selain itu, ada juga pengeluaran berupa cicilan rutin untuk membayar kredit rumah atau kendaraan. Jangan sampai mengganggu pengeluaran rutinitas yang disiapkan dalam pos-pos pengeluaran tersebut untuk membiayai hobi. Kedua, bergabunglah dengan komunitas yang juga memiliki kesenangan yang sama. Hal ini dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang barang-barang penunjang hobi dengan harga yang lebih murah. Misal hobi komunitas pecinta otomotif, mungkin sebuah spare part second yang sudah tidak terpakai anggota komunitas lainnya bisa anda manfaatkan.

Ketiga, untuk lebih aman dan menyenangkan, sebaiknya persiapkan anggaran khusus untuk hobi setiap bulan.Anggaran untuk membiayai kegiatan hobi termasuk ke dalam pos pengeluaran pribadi. Uang tersebut dapat digunakan untuk membeli baju, perawatan tubuh, olahraga, dan kebutuhan kesenangan lainnya. Hal ini dilakukan dengan bisa sisihkan 20 persen dari penghasilan. Pengeluaran untuk hobi sebaiknya tidak lebih dari 10 persen dari gaji bulanan. Keempat, buat batasan anggaran. Terkadang, hobi dipandang sebagai penanda status seseorang. Misalnya, pecinta olahraga golf hanya digeluti orang-orang yang terbilang cukup kaya. Selain karena pengaruh pergaulan, biaya untuk kegiatan tersebut memang cukup mahal. Sesuaikan hobi dengan gaya hidup dan kemampuan finansial. Dahulukan pertimbangan pengeluaran biaya secara rasional bukan hanya dengan mengedepankan nafsu untuk memborong semua barang.

Dan kelima yaitu hindari berhutang pada orang lain demi sebuah hobi. Jangan menggunakan alasan “barang langka” atau “mumpung barangnya ada” untuk memuluskan keinginan berbelanja seenaknya. Ingatlah kalau hobi bukanlah kebutuhan pokok. Penggunaan kartu kredit untuk membeli barang-barang penunjang kegiatan hobi disarankan, asal kartu kredit hanya sebagai alat pembayaran atau untuk memanfaatkan diskon yang ditawarkan bukan menumpuk hutang.

Untuk tetap melakukan hobi yang disukai, namun tergolong hobi mahal, hal-hal berikut bisa dicoba untuk dilakukan:

Manfaatkan Promo atau Diskon yang Tersedia. Kemajuan teknologi memungkinkan untuk bisa mendapatkan informasi terkini dan paling akurat, termasuk ketika akan berbelanja dan menemukan penawaran atau diskon terbaik untuk penyaluran hobi Tidak ada salahnya Anda menanyakan secara langsung penawaran menarik untuk mendapatkan kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah. Dengan begitu, bisa berhemat cukup banyak ketika membelinya dengan menemukan diskon dan voucher promo terbaik.

Utamakan Kualitas. Untuk memenuhi kepuasan akan sebuah hobi kadang seseorang dapat membeli barang yang dijual dengan harga sangat mahal yang tentu memiliki kualitas baik. Namun, bukan berarti barang yang dijual lebih murah selalu memiliki kualitas yang buruk bukan? Jika ternyata kondisi keuangan memang tidak memungkinkan untuk membeli barang yang mahal, tidak perlu harus memaksakan diri membeli barang-barang mahal untuk memenuhi hobi. Berusaha mencari informasi dan temukan barang yang memiliki kualitas terbaik, yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Memiliki hobi memang menyenangkan tetapi bukan berarti akan menambah budget keuangan dan membebani pengeluaran keuangan. Dari berbagai macam hobi, pilihlah yang tidak mengeluarkan budget yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Hobi perlu dibatasi agar kebutuhan pokok yang penting lainnya dipenuhi dan tidak terabaikan. Gunakan dengan bijak skala prioritas pengeluaran, sehingga memiliki hobi tetap sebagai kegiatan yang menyenangkan namun tidak membebani karena semua pengeluaran masih bisa dikelola dan dikendalikan dengan strategi yang tepat

   For Further Information, Please Contact Us!