Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

PENERAPAN AKUNTANSI TERKINI UNTUK UMKM

27 February 2020
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
PENERAPAN AKUNTANSI TERKINI UNTUK UMKM

Revolusi Industri 4.0 menyebabkan perubahan besar dalam dunia bisnis, aktivitas konvensional mulai tergeser dengan teknologi. Hal ini juga berdampak dalam dunia akuntansi. Teknologi dan proses otomatisasi pada bidang akuntansi sudah banyak diterapkan. Banyak perusahaan sudah mulai sadar akan penerapan teknologi untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Lalu, bagaimana dengan tahun 2020 ini? Pastinya penggunaan software akuntansi sebagai salah satu proses otomatisasi akan semakin menjamur. Selain itu, kira-kira hal apa lagi yang akan mendominasi tahun ini? Berikut ini beberapa ulasan yang perlu kita ketahui.

    1.Automation (Otomatisasi) Masih Akan Mendominasi

    Otomatisasi masih akan mendominasi penerapan pencatatan akuntansi pada tahun 2020 ini. Salah satu bentuk otomatisasi tersebut adalah penggunaan software khusus semacam Zahir, Accurate, Journal, dsb. Apalagi sejak 2019 sudah banyak bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bermunculan. Sehingga untuk melakukan pembukuan dalam bisnis UMKM, penggunaan software accounting pilihan yang tepat.

    Teknologi ini memudahkan kita dalam melakukan data entry, mulai dari laporan keuangan, arus kas, hingga pajak sekali pun. Artinya, Kita tak perlu melakukan segala sesuatunya dengan cara manual.

    Tak hanya mengurangi paperwork, otomatisasi pekerjaan juga akan menghemat banyak waktu sehingga kita bisa menggunakannya untuk mengerjakan hal-hal lain yang sekiranya lebih penting. Terlebih, kebanyakan software akuntansi kini hadir dalam sistem cloud, memudahkan kita untuk melakukan kolaborasi dengan anggota tim meskipun sedang berada di tempat berbeda. Maka dari itu, produktivitas dan efektivitas kerja pun meningkat.

    2.Perubahan Visualisasi Data Finansial dan Akuntansi yang Lebih Baik

    Selama ini, data finansial sangat lekat dengan image membosankan. Kebanyakan data finansial hadir dalam bentuk tabel berisi angka atau barisan. Padahal terdapat sebagian besar orang merupakan visual learner. Artinya, data finansial yang memiliki visualisasi baik dapat membantu pebisnis UMKM untuk mengambil keputusan yang lebih baik pula.

    Dengan adanya kemajuan teknologi, data finansial hadir dalam visualisasi yang lebih menarik, misalnya seperti penggunaan diagram dan pemilihan warna-warni yang eye-catching. Oleh karena itu, kesalahan analisis data finansial dapat diminimalisir sehingga mengurangi kesalahan pebisnis UMKM dalam mengambil keputusan penting.

    3.Penggunaan Jasa Outsourcing

    Menggunakan jasa outsourcing merupakan alternative penerapan akuntansi yang sejak beberapa tahun lalu sudah dilakukan. Namun, sepertinya tren ini masih akan terus berlanjut hingga tahun 2020 ini. Jasa outsourcing memungkinkan pebisnis untuk fokus pada bisnis utama mereka sekaligus mengoptimalkan sumber daya yang ada. Bahkan kini sudah ada konsultan jasa penyedia layanan outsourcing yang tak hanya mendukung fungsi akuntansi, mereka juga melakukan desain sistem administrasi akuntasi yang terintegrasi demi kelancaran alur akuntansi yang konsisten, contohnya seperti PT Karmacon yang bergerak di bidang konsultan manajemen dan akuntansi. Dengan begitu, dapat menunjang kelancaran dalam menjalankan bisnis UMKM.

    4.Fokus terhadap Analisis Data

    Informasi adalah kunci utama dari pengambilan keputusan. Karenanya, dalam bisnis, informasi yang dibutuhkan haruslah akurat dan sebaiknya bersifat real-time agar pebisnis bisa mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi terkini. Nah, pada tahun 2020 ini, analisis data akan menjadi tren akuntansi yang booming seiring dengan popularitas big data. Data akuntansi menunjukkan kondisi finansial perusahaan yang dapat menjadi basis kuat bagi pihak manajemen dan anggota tim untuk mengambil keputusan terbaik demi kemajuan bisnis. Namun perlu diperhatikan kembali, bahwa program akuntansi pada dasarnya memberikan informasi namun analisa kurang mendalam, terkesan monoton. Disini peran Akuntan dibutuhkan untuk membantu manajemen dalam mengolah data-data yang dibutuhkan untuk dianalisa sehingga berguna untuk decision making bagi top management

    5.Perhatian Lebih kepada Data Security

    Kebocoran data menjadi salah satu isu keamanan yang marak terjadi. Perusahaan besar seperti PayPal bahkan sempat terkena masalah kebocoran data 1,6 juta pelanggannya. Karena itu, keamanan data menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknologi dan internet masa kini. Sebagai pebisnis, akuntan, atau bookkeeper, penting untuk diketahui bahwa kita memiliki akses terhadap informasi sensitif yang wajib untuk diproteksi. Sebaiknya, mulai dari sekarang pertimbangkan untuk berinvestasi pada software keamanan data demi informasi krusial perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!