Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Pentingnya Memahami Time Value Of Money – Future Value

14 December 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Vincent Yofieanto, S.Ak.
Pentingnya Memahami Time Value Of Money – Future Value

Saat ini sudah banyak orang yang mengejar investasi baik itu berupa tanah dan bangunan, deposito berjangka, obligasi, dan berbagai jenis investasi lainnya. Tetapi kebanyakan dari kita kurang memahami bagaimana nilai sebenarnya dari nilai yang kita investasikan. Nilai uang tersebut bisa berubah bergantung pada tingkat suku bunga dan jangka waktu yang ditetapkan. Pentingnya kita untuk memahami Time value of money adalah memitigasi kerugian apabila sewaktu-waktu kita memperoleh tawaran dari pihak yang menawarkan investasi dengan sejumlah keuntungan tertentu. Sehingga nantinya kita dapat membandingkan apakah keuntungan yang dijanjikan oleh pihak penawar sesuai atau malah merugikan kita.

Untuk memahami Time value of money, kita perlu memahami istilah Single Period dan Compounding. Perbedaan dari kedua istilah tersebut adalah keuntungan atas bunga yang dihasilkan. Ketika menggunakan single period berarti bunga yang kita investasikan akan kita peroleh 1 kali saja. Sedangkan dengan menggunakan Compounding interest, maka bunga yang kita investasikan akan diinvestasikan kembali. Dapat dikatakan, Compounding interest adalah bunga yang berbunga. Selain kedua istilah tersebut, kita juga harus mengenal perihal Future Value dan Present Value. Future Value adalah nilai yang dapat kita peroleh pada masa depan dari nilai yang kita investasikan saat ini. Nilai Future Value akan bertumbuh menjadi lebih besar dari nilai yang telah diinvestasikan. Sedangkan Present Value adalah nilai sekarang dari pada nilai yang diterima pada masa depan. Umumnya nilai dari present value adalah nilai yang lebih kecil daripada yang ditawarkan di masa depan.

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Future Value agar lebih fokus untuk mengenal Time value of money. Future Value ini dapat digunakan untuk menilai perolehan deposito yang kita peroleh dimasa depan atau bisa juga digunakan untuk untuk menghitung keuntungan atas investasi modal yang dilakukan untuk membangun bisnis. Untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan Future Value maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Berdasarkan rumus Future Value memungkinkan terdapat peningkatan nilai berdasarkan nilai yang kita tawarkan saat ini. Misalnya dengan contoh soal dibawah ini:

Sumber: Fundamentals of Corporate Finance 9th Edition

Dari tabel tersebut telah diketahui besaran bunga (nilai r) dan tahun atau periode ( nilai t). sebagai contoh nilai yang akan kita menginvestasikan uang sebesar $1. Kemudian kita akan memasukan nilai-nilai tersebut pada rumus yang ada diatas. Maka akan melihat bagaimana bunga dan tahun akan mempengaruhi besaran nilai masa depan yang akan kita peroleh. Agar lebih jelas melihat perbedaan pertumbuhan hasil dari investaasi sebesar $1 dapat melihat pada gambar dibawah ini:

Sumber: Fundamentals of Corporate Finance 9th Edition

Dari gambar tersebut kita dapat melihat semakin besar tingkat bunga yang ada dan semakin lama kita menginvestasikan uang dengan nilai investasi yang sama, maka semakin besar pula perolehan dan semakin besar perbedaan atas investasi yang kita lakukan. Dengan demikian, setelah sedikit memahi mengenai Time value of money ada baiknya apabila akan melakukan investasi kita menghitung terlebih dahulu apakah benar nilai yang diminta untuk diinvestasikan akan menghasilkan sejumlah uang dengan periode tertentu seperti dijanjikan oleh debitur. Jika memang nilai tersebut berpotensi merugikan kita, yang harus kita lakukan adalah mencoba terlebih dahulu bernegosiasi dengan debitur apakah tingkat bunga dapat dinaikan. Apabila bunga tetap tidak dapat dinaikan oleh debitur, ada baiknya kita tidak mengambil investasi tersebut agar tidak merugikan kita sendiri.

   For Further Information, Please Contact Us!