Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

TIME MANAGEMENT

22 June 2017
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
TIME MANAGEMENT

Sering sekali kita mendengar ada pepatah yang mengatakan Time is Money, namun berapa banyak diantara kita yang benar – benar dapat memanfaatkan waktu dengan baik ?

Jika kita ingin mengatur kehidupan kita agar lebih tertata, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur waktu secara efektif.Kita menyadari sebenarnya mengelola atau manajemenwaktutidak jauh berbeda dengan manajemen diri.

Manajemen waktu merupakan alat yang efektif untuk membantu seseorang maupun organisasi mencapai tujuan, sehingga sangat penting memahami dan mengamalkan ilmu manajemen waktu.Ketika kita melewatkan waktu tanpa amalan baik yang kita lakukan, hilanglah waktu dengan sia – sia dan jadilah kita orang yang merugi.

Evaluasi Pemanfaatan Waktu Dalam Sehari

Untuk mengenali bagaimana cara memanfaatkan waktu dalam sehari, maka kita dapat mengevaluasi kegiatan dengan bertanya kepada diri sendiri, antara lain :

·Berapa jam yang digunakan untuk melakukan perencanaan?

·Berapa jam yang dimanfaatkan untuk bekerja optimal?

·Berapa jam yang digunakan untuk membaca, memahami, dan berbagi atas suatu pengetahuan dan pengalaman (belajar)?

·Berapa jam yang dimanfaatkan untuk perjalanan menuju tempat kerja dan pulang kembali ke rumah?

·Berapa jam yang digunakan untuk beristirahat, berolahraga, dan bersantai (sejenak)?

·Berapa jam yang dimanfaatkan untuk keluarga?

·Dan berapa jam yang digunakan untuk masyarakat sekitar (Personal Social Responsibility)?

Dengan melakukan evaluasi manajemen waktu,kita dapat mengenali bagaimana penggunaan waktu dalam sehari sehingga dapat menemukan hal-hal mana saja yang menurut kita berlebihan porsi waktunya (misalnya makan terlalu lama, ngobrol yang tak perlu dan lain sebagainya) dan kita perlu mengetahui mana yang kekurangan porsinya (mempelajari teknik-teknik baru untuk memudahkan penyelesaian tugas).

Mengelola Waktu

Untuk memudahkan kita mengambil langkah dalam manajemen waktu ini, kita memerlukan strategi dalam menyusun jadwal agar lebih efektif

Berikut adalah strategi yang dapat kita pakai dalam menyusun jadwal mingguan.

1.Buat daftar kegiatan yang hendak dikerjakan

2.Buat skala prioritas dari setiap kegiatan

3.Perkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap kegiatan

4.Alokasikan waktu untuk tiap kegiatan

5.Evaluasi penerapan jadwal

Kiat – kiat Dalam Manajemen Waktu

Bagi siapapun, melakukan manajemen waktu secara bijak amat penting. Berikut adalah kiat-kiat dalam melakukan manajemen waktu yang tepat

    a)Lakukan Survei Waktu Pribadi

    -Untuk mulai mengatur waktu, Kita harus tahu pasti bagaimana Kita menggunakan waktu. Catat waktu, membantu Kita memperkirakan berapa banyak waktu yang telah Kita habiskan dalam aktivitas tertentu. Untuk memperoleh perkiraan akurat, Kita dapat melihat waktu yang telah kita habiskan selama 1minggu.

    b)Perhatikan Jadwal Harian.

    -Ada beragam jadwal waktu yang sesuai dengan kepribadian Kita. Begitu Kita memutuskan satu gaya tertentu, langkah berikut adalah membentuknya. Yang paling baik sisakan sedikit waktu untuk istirahat pada tiap jam, sedangkan setengah jam lainnya disiapkan untuk jadwal yang benar-benar padat.

    c)Jangan Menjadi Perfeksionis.

    -Berusahalah agar menjadi orang sempurna yang siap menghadapi kekalahan. Tidak ada orang yang sempurna.

    -Kita butuh tujuan yang dapat dicapai dengan kemampuan yang ada. Tugas-tugas sulit biasanya berakhir dengan penolakan dan penundaan.

    d)Belajarlah Berkata Tidak.

    -Misalnya, teman dekat Kita mengajak jalan-jalan, sebenarnya, Kita tidak tertarik atau kita masih banyak tugas yang harus diselesaikan. Maka kita harus mampu menolak ajakan tersebut dan memprioritaskan tugas yang ada.

    e)Belajar Menentukan Prioritas.

    -Sangat penting melakukan prioritas pada tanggung jawab dan kesepakatan yang telah dicapai.

    -Orang-orang yang tidak tahu bagaimana melakukan prioritas bakal menjadi orang yang gemar menunda-nunda pekerjaan

Dengan kita mampu melakukan manajemen waktu, maka pekerjaan dan tugas-tugas yang ada dapat mampu kita selesaikan dengan tepat waktu. Hal utama agar manajemen waktu dapat berjalan dengan baik, kita harus berbenah diri terlebih dahulu, yaitu hilangkan rasa malas dan suka menunda pekerjaan.

   For Further Information, Please Contact Us!