Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

TREND DEPARTMENT HR DI TAHUN 2020

18 January 2020
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Mega Madya Karlina Sari, S. Psi
TREND DEPARTMENT HR DI TAHUN 2020

Sebagai HR Officer memiliki tugas yang tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan setiap harinya. Karyawan yang bekerja di departemen HR harus tetap meningkatkan keterampilan atau kemampuan yang dimiliki, walaupun memiliki tugas utama yaitu fokus kepada karyawan dan kemajuan perusahaan. Adapun beberapa hal dibawah ini yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki di tahun 2020.

Mengikuti Perkembangan Terbaru

    Para karyawan di Department HR dituntut untuk mengetahui segala aktifitas perusahaan dan seluruh karyawan yang bekerja di dalam perusahaan tersebut, akan tetapi karyawan HR harus tetap mengetahui dan mengikuti perkembangan zaman yang ada karena HR menjadi inti dari gelombang perubahan. Artinya, HR adalah rumah yang perubahannya harus terjadi lebih dulu kemudian menyentuh bagian luar, seperti: marketing, sales, distribusi, dll. HR memiliki tugas untuk membentuk sebuah budaya di dalam kantor, apabila budaya baru sudah tercipta secara otomatis sesuatu yang baru seperti digital/transformasi digital dapat diterapkan. Perubahan digital sendiri mencakup berbagai hal di dalam HR, yaitu recruitment, learning, organization planning, dan performance management. Di bidang recruitment, digitalisasi mampu membantu HR dalam menemukan kandidat yang sesuai, sedangkan learning dapat membantu pelatihan kepada karyawan melalui e-learning.

Tren Department HR 2020

Ada beberapa tren yang dapat diterapkan oleh para department HR dalam mengembangkan keterampilan dalam bidang pekerjaan ini. Hal ini bertujuan untuk tetap dapat bekerja dengan baik dan mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Berikut adalah beberapa tren yang dapat di terapkan di tahun 2020:

    1.Tren Big Data

    Tahun 2019 sebetulnya beberapa perusahaan dan human resource telah menggunakan big data dan kecerdasan buatan, namun di tahun 2020 ini diprediksi akan lebih banyak perusahaan akan menggunakannya.Hal tersebut dikarenakan internet dan teknologi dapat memberikan data dan informasi baru yang mungkin sebelumnya belum diketahui.Melalui big data, karyawan di department HR akan lebih singkat dan mudah dalam proses kerja, serta lebih dapat meningkatkan kinerja dalam mengolah data-data karyawan maupun calon karyawan yang akan bekerja di perusahaan.

    2.Tren Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat akan menjadi tren di tahun 2020 dan semakin meningkat di bidang human resource, karena kehidupan manusia akan jauh lebih kompleks. Tahun 2020 para karyawan akan lebih banyak bekerja secara freelance, jarak jauh atau remote dan mendirikan bisnis rumahan sehingga pekerjaan akan menjadi lebih dinamis dan tidak terpaku kegiatan di kantor. Tren pemberdayaan manusia dapat membantu department HR untuk lebih memprioritaskan kepentingan karyawan, seperti membantu karyawan untuk memiliki karir yang cemerlang.

    3.Tren Kesehatan Mental Karyawan

    Kesehatan mental karyawan cukup menjadi tren yang menarik dan perhatian di tahun 2020, mengingat saat ini banyak muncul berita terkait kasus kesehatan mental yang terjadi. Pekerjaan yang berat, tuntutan yang semakin tinggi dapat mengakibatkan kelelahan dan stress. Hal tersebut dapat menjadi perhatian untuk department HR dan melakukan pencegahan kepada para karyawan di perusahaannya, sehingga tidak terjadinya penyakit mental.

***

   For Further Information, Please Contact Us!